Beranda > Studi > Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agam Islam
Website : http://tarbiyah.unisba.ac.id/
Status Terakreditasi “B” BAN-PT No. 1133/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015, tahun 2015.
Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi PAI
Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan PAI-FTK Unisba meliputi empat kompetensi utama sebagai seorang calon guru dan kompetensi pendalaman agama. Keempat kompetensi utama tersebut meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial.
(1) Kompetensi kepribadian
Lulusan PAI diharapkan:
- Visi Program Studi PAI
- Misi Program Studi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang selaras dengan garis dan arah Program Studi PAI
- Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan Agama Islam
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan Agama Islam.
- Melaksanakan dan mengembangkan kerjasama dan jejaring (networking) dengan berbagai lembaga/instansi swasta dan pemerintah di dalam maupun luar negeri.
- Tujuan Program Studi
- Menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
- Menghasilkan pendidik yang berjiwa mujahid, mujtahid, dan mujaddid sesuai syari’at Islam
- Menghasilkan pendidik yang berkualifikasi akademik, berpandangan dan bersikap profesional, dan berakhlak karimah
- Menghasilkan pendidik yang berkompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, dan professional sesuai syari’at Islam
- Menghasilkan para pendidik yang siap menjadi agent of social change untuk menata kehidupan Islami di lingkungan formal, informal, dan non-formal
- Menghasilkan pendidik yang siap bekerja dan menciptakan lapangan kerja serta siap melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
- Sasaran Kompetensi Lulusan Program Studi
- Terkuasainya berbagai kemampuan kognitif akademik dalam bidang pendidikan Islam
- Terampil dalam mendinamisasi berbagai pendekatan, strategi, metoda dan teknik pembelajaran Agama Islami
- Memiliki integritas kepribadian pendidik yang Islami
- Memiliki komitmen, dedikasi dan loyalitas terhadap dunia pendidikan
- Memiliki kesiapan menjadi problem solver bagi problematika pendidikan Islam.
- memiliki kepribadian yang mantap dan stabil (mampu bertindak sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan konsisten dengan norma Islam yang dianutnya);
- memiliki kepribadian yang dewasa (menampilkan kemandirian dan memiliki etos kerja sebagai pendidik);
- memiliki kepribadian yang arif (menampilkan tindakan yang bermanfaat bagi peserta didik, sekolah, masyarakat, dan menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak);
- memiliki kepribadian yang berwibawa (memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik); dan
- memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan (bertindak sesuai dengan norma religius yakni imtaq, jujur, ikhlas, suka menolong dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik).