Website : http://tarbiyah.unisba.ac.id/
Status Terakreditasi “B” BAN-PT No. 727/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019, tahun 2019.
Visi, Misi, dan Tujuan Prodi PG PAUD
Visi
“Menjadi Prodi PG-PAUD Islami yang mandiri dan terkemuka di ASEAN tahun 2028”
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan pendidik anak usia dini yang berakhlakul karimah dan memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional, sebagai mujahid, mujtahid, dan mujaddid.
- Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan pemikiran dan gagasan baru bagi penyelenggaraan dan kemajuan PAUD yang Islami.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan pendidikan anak usia dini islami di berbagai setting.
- Menjalin kerjasama dengan institusi di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan PG-PAUD.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi guru/pengelola/tutor/entrepreneur Islami yang berakhlakul karimah dan memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial, dan profesional sebagai mujahid, mujtahid, dan mujaddid.
- Menghasilkan temuan ilmiah yang dapat dijadikan input, ide, gagasan baru yang bersifat teoritis maupun praktis untuk kemajuan PAUD Islami.
- Meningkatkan peran civitas akademika Prodi PG-PAUD dalam memajukan PAUD, baik formal, non formal, maupun informal.
- Menjalin kerjasama dengan institusi di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan PG-PAUD.
Profil Lulusan
- Mengenal anak usia dini secara mendalam dari berbagai aspek perkembangan
- Menguasai konsep dan skill pendidikan yang diperlukan untuk membantu tumbuh kembang
- Terampil dalam menyelenggarakan kegiatan bermain yang meliputi kemampuan:
- Merancang kegiatan yang memicu perkembangan abak usia dini.
- Mengimplementasikan kegiatan memicu perkembangan anak usia dini.
- Menilai proses dan hasil kegiatan bermain sambil belajar.
- Melakukan perbaikan secara berkelanjutan.
- Merancang dan atau memanfaatkan alat bantu/media permainan yang memicu berbagai aspek perkembangan anak usia dini dengan mengedepankan kebebasan memilih, kreatif, serta tumbuhnya karakter islam.
- Mampu melakukan dan menggunakan hasil assessment perkembangan anak usia dini.